Skip to main content

Ngemsi itu gampang atau sulit?

Berbicara itu gampang, selow cuman cuap-cuap gini gitu jadi.
Kalo cuman cuap-cuap gak jelas depan satu atau dua orang sih selow, bagaimana kalo berbicara di depan banyak orang? Kalian berperan sebagai seorang pembawa acara (MC) yang harus berbicara di depan banyak orang, masih bisakah kalian selow?
TIDAK. itulah jawaban yang aku berikan..
Se-selow apa pun kalo udah disuruh ngomong dihadapan banyak orang dengan situasi formal dan dilihat oleh orang yang pastinya tidak kita kenal semua grogi, deg-degan, panas dingin pasti deh tuh berdatangan.

Pernahkah kalian mencobanya?
Silahkan dicoba dan merasakan sendiri bagaimana perasaannya.
Sebuah pengalaman menjadi MC cukup membuatku tahu bahwa membawakan sebuah acara itu tidaklah mudah. Terlihat di depan memang terasa mudah dan selow tapi gak tau aja ribetnya di belakang sebelum acara.
Sekeren atau sehebat apapun seorang MC pasti dia pernah merasa dan selalu deg-degan kalo mau bawain sebuah acara. Jadi, sebenernya deg-degan itu hal yang wajar kok tapi bagaimana caranya kita bisa mengatasi semua rasa deg-degan, grogi itu. Profesionalitas yang dibutuhkan dan tentunya komitmen untuk melakukan yang terbaik. :)

Aku memang bukan seorang MC yang hebat dan keren tapi aku ingin pengalamanku yang sedikit ini dalam menjadi MC bisa aku bagikan dan siapa tahu bisa jadi pembelajaran untuk semuanya.
Awalnya aku Ngemsi ketika ada suatu acara di kampus dan aku disuruh untuk menjadi MC.
Penolakan awalnya karena aku merasa tidak bisa dan tidak memiliki pengalaman menjadi MC tapi mereka yang menyuruhku meyakinkanku bahwa aku bisa.
"Dicoba dulu aja, pasti bisa kok " kata mereka
"Ehm.. okelah dicoba dulu aja" Jawabku.
Akhirnya berawal dari situlah aku mencoba belajar berbicara di hadapan banyak orang.
Takut salah ngomong, deg-degan pastilah, tapi lambat laun selow kok dan ngalir aja jadinya.
Kalo kita tak pernah memulai untuk mencoba kita tak akan pernah tahu rasanya dan tak akan pernah memiliki pengalaman tentang itu.
Setiap ngemsi pasti bawaannya pengen cepet-cepet selesai tuh acara. hhahaa

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan  kalo jadi MC :

- Susunan acara harus udah diterima maksimal 1 hari sebelum hari H oleh MC. Dari pengalamanku susunan acara itu rata-rata diberikan kepada MC pas hari H-nya jadi MC pusing sendiri, dan kebanyakan banyak acara yang belum jelas dan minta di batalin atau ditambah tiba-tiba.
Tapi disitulah dituntut untuk tetap melakukan yang terbaik apa pun yang terjadi. Jangan panik pastinya soalnya kalo panik bingung sendiri

- Nama pembicara, foto pembicara harus dikasih ke MC sebelum hari H. Ini hal yang penting banget loh, karena sebuah pengalamanku pernah aku ngemsi tapi aku gak tau pembicaranya yang mana dan hampir aja pembicara itu gak aku panggil namanya. Bagaimana? malu gak sih? Masa MC gak tau pembicaranya siapa. Makanya kalo bisa buat yang ngadain acara kenalin dulu pembicaranya dan CV pembicara dan foto kalo ada. Seenggaknya udah kenal dulu.

- Bisa ngebawa suasana. Itulah yang sampai saat ini belum bisa aku lakukan, membawa suasana agar lebih cair dan terasa hangat dan akrab diantara MC, Pembicara, dan peserta kalo ada. Sampai saat ini aku MC pasti gak bisa cing cong ini itu sok akrab pasti gitu deh. hhehee :D

- Jangan panik, grogi, dan selow. Memang tidak mudah dan itu sulit tapi sebisa mungkin mencoba untuk tidak panik. Latihan sebelum ngemsi sama lagi ngemsi pasti beda banget deh. Latihan itu susunan katanya udah bagus banget, lah pas ngemsi semuanya buyar. Kata-kata rancu semua. Tapi selow jangan panik :)

Banyak lagi deh pokoknya. Yang pasti ayo coba coba deh, kalian bakal ngerasain sendiri dan ngerti gimana rasanya kalo kalian sendiri udah terjun di bidangnya. Berkomentar itu gampang. Ini jelek atau bagus karena kalian hanya berbicara coba kalian sendiri berperan di dalamnya. Silahkan dicoba !! :)

Mungkin cukup segitu aja kali yah, hanya sebuah pengalaman kecil dan sedikit yang bisa aku bagikan. Mungkin tidak cukup berguna tapi aku berharap sedikit berguna bagi mereka yang ingin mencoba menjadi MC.. Belajar dan terus belajar.
Pembelajaran didapat melalui sebuah pengalaman, tidak perlu pengalaman besar, melalui pengalaman kecil pun bisa menjadi pembelajaran berharga baik untuk diri sendiri maupun orang lain :)

Sukses selalu untuk kita semua :D






Comments

  1. bener itu, gak "se-selow" cuapan biasa :D
    masalah susunan acara, penting bgtbgt itu kalo ga mau gelagapan pas hari-H

    semangat cantik..^_^

    ReplyDelete
  2. haha. betul banget ka. bingung banget kalo susunan acara baru dikasih pas hari H dan rata-rata kalo ngemsi begitu mulu :D

    Semangat juga kaka cantik :)
    Terima kasih udah mau comment dan mampir di blog aku.

    ReplyDelete
  3. iya say, malah wktu aku platihan, kata pembicaranya kalo rundown acara ga dikasih panitia sehari sblum hari-H, mending jgn accept buat jadi MC, coz sukses ato ga acara trgantung penguasaan MC hehehe...

    sama2 belajar, mari jadi yg lebih baik..
    :D

    ReplyDelete
  4. betul banget, tapi kadang kan gak enak juga kalo kita nolak apalagi sama yang kenal tapi serba salah juga soalnya kesuksesan acara juga bergantung sama MCnya. huhh.. serba salah #langsung_nyanyi_raisa hhahaa :D

    ayo kita sama-sama belajar, SEMANGAT :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

saat itu dan saat ini..

Awalnya memang terasa berat dan menyakitkan karena aku harus mengalah, namun itu semua bisa aku lewati. Meluapkan semua kekecewaan, kesedihan hanya dengan deretan kata dari huruf-huruf yang coba kususun satu persatu. Hanya bisa marah-marah enggak jelas, sedih sendiri. Tapi semuanya kini sudah berlalu, alhamdulillah aku bisa kembali dan meninggalkan semua kesedihan dalam masa lalu. Membangun sebuah kekuatan batin/hati untuk lebih tegar menghadapi segala sesuatunya. Ku maafkan semua kesalahan dan perih yang dibuat orang lain kepadaku Ku maafkan semua kekhilafan yang dilakukan orang lain untukku Ku maafkan semua kebohongan yang dirancang orang lain untukku Ku maafkan mereka yang telah menyakitiku. Aku sadar aku pun pasti pernah salah dan menyakiti mereka. Kini mungkin saling memaafkan jalan terbaik. Tak ada dendam dan benci dalam hati. Bolehkah aku jujur? Aku lelah sangat lelah selalu seperti ini. Ketika orang lain menyakitiku aku selalu berkaca pada diriku sendiri Mungkin si

Potret kehidupan Bogor ala bolang :)

Halo halo.. Liburan ini belum cuap-cuap apa-apa ni aku. Selagi ada waktu buat cuap-cuap mau nulis ah :D Yok ah langsung kita mulai cuap-cuapnya. ☺ Liburan semester ganjil ini aku habiskan bersama keluarga.  Semuanya terasa lengkap ketika abang aku dari Surabaya pun ikutan liburan juga. Biasanya dia kan kaga pernah ikutan abisan jauh sih.. ( Muhammad Jandan Fudholi ) Itu foto abang aku. Dia itu tipikal cowo yang enggak bisa senyum, kalo sekalinya senyum dan nyengir keliatannya maksa banget. kocak banget deh sampe-sampe nular tuh sama anaknya juga. Nama anaknya Muhamad Arfa Rizki Fudholi, panggilannya rizki/iki. Tanggal 27 Januari 2012 kemarin tuh aku ngebolang bersama abang yang satu ini mencari sebuah ruko untuk tempat kerjanya yang baru, karena sekarang dia udah pindah kerjaan enggak lagi di Surabaya. Dia bekerja di PCMS Surabaya, namun karena ada satu dan lain hal yang tak aku mengerti hingga membuatnya pindah ke Bogor lagi. Menurutnya sih udah enak banget di Sura